SMK Negeri 1 Selayar Laksanakan Bimtek Implementasi Kurikulum Merdeka

SELAYAR, WASPADAPOS.COM- Bimtek implementasi Kurikulum Merdeka dilaksanakan SMK Negeri 1 Selayar bertempat di aula SMK Negeri 1 Selayar pada hari Jumat, (03/11/2023). 

Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) tengah masif dilaksanakan oleh berbagai sekolah di segala jenjang di tahun ajaran 2023/2024. Kurikulum yang diperkenalkan oleh  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim dengan konsep paradigma baru yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran.

Guna mensukseskan Kurikulum Merdeka ini, SMK Negeri 1 Selayar melaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi Kurikulum Merdeka yang dilaksanakan pada 03 – 05 November 2023.

Bimtek yang dilaksanakan khusus membahas peningkatan kemampuan pendidikan akan pelaksanaan Kurikulum Merdeka ini mengundang Drs. H. Syahrir. H., M. Si dan Mustafa, SS.T.Par.,M.Pd, Instruktur Nasional Kurikulum Merdeka sebagai Narasumber. 

Pada saat pembukaan bimtek ini, Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah V1 Kabupaten Kepulauan Selayar, Usman, S.pd, M.M memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan secara resmi.

Dalam sambutannya, ia sangat mengapresiasi SMK Negeri 1 Selayar karena telah memanfaatkan dana Bos Kinerja untuk kepentingan peningkatan kemampuan Pendidik di sekolah.

 “ini bisa menjadi langkah besar bagi SMK Negeri 1 untuk menjadi sekolah Pusat Keunggulan (PK) dan diharapkan dapat menerapkan Kurikulum Merdeka untuk siswa baru tahun mendatang”, ujarnya.

Pelaksanaan Bimtek di hari pertama masih berfokus pada kegiatan pembukaan dan pengantar untuk membangun motivasi serta kesiapan Pendidik di SMK Negeri 1 Selayar guna mengikuti kegiatan selama tiga hari ke depan.

Adapun pokok materi yang akan diterima oleh Pendidik  meliputi Kebijakan Pemerintah Terkait KM, Manajemen Pengelolaan Pendidikan, Memahami CP, ATP dan TP, Merancang Modul Ajar dan P5 serta Asesmen KM.

Sementara itu, Andi Ahmad, S.Pd sebagai Kepala SMK Negeri 1 Selayar berharap Bimtek ini selain memang diperuntukkan bagi Kepala Sekolah, ia juga ingin Bimtek ini dapat meningkatkan kemampuan Pendidik di sekolahnya dalam berinovasi dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang sangat berati bagi siswa sehingga SMK Negeri 1 siap menerapkan Kurikulum Merdeka di tahun ajaran 2024/2025. 

Comment