Bawaslu Selayar Gelar Apel Siaga Pengawasan Pemilu, Ini yang Disampaikan

SELAYAR, WASPADAPOS.COM – Dalam rangka memasuki masa tenang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Selayar melaksanakan Apel Siaga Pengawasan Pemilu 2024, di Taman Pelangi Benteng, sabtu (10/2/2024) sore. 

Kegiatan ini dalam rangka memaksimalkan mengawasan Bawaslu Kabupaten Kepulauan Selayar dalam Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR RI, Anggota DPD, Anggota DPRD Provinsi dan Anggota DPRD Kabupaten. 

Apel siaga pengawasan di masa tenang ini, Ketua Bawaslu Nurul Badriyah selaku Pembina Upacara dan Muhlis, Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan Buki selaku pemimpin upacara.

Upacara ini dihadiri Sekretaris Daerah Kepulauan Selayar Drs. Mesdiyono, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Selayar Andi Dewantara, Kajari Kepulauan Selayar, Hendra Syarbaini, Kapolres Selayar AKBP Ujang Darmawan Hadi Saputra, Dandim 1415 Selayar Letkol. Inf. Nanang Agung Wibowo, Kepala Kesbangpol, Personil Satpol PP, Para Panwascam se Kabupaten Kepulauan Selayar, Kemenag Selayar, para kader Partai dan elemen masyarakat Selayar.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kepulauan Selayar, Nurul Badriyah dalam sambutannya mengatakan tidak terasa empat hari lagi kita akan merayakan puncak pesta demokrasi, tepatnya pada tanggal 14 Februari 2024.

Nurul Badriyah menyampaikan bahwa pengawasan tahapan demi tahapan telah kita laksanakan. Mulai dari pemuktahiran data pemilih, pendaftaran, verifikasi dan penetapan peserta pemilu, penetapan jumlah kursi dapil, pencalonan dan masa kampanye.

“Hari ini hari terakhir masa kampanye disusul besok masa tenang selama tiga hari, mulai tanggal 11 hingga 13 Februari ke depan,” ujar Ketua Bawaslu Selayar.

Dalam melakukan pengawasan, lanjut Ketua Nurul Badriyah mengatakan bahwa Bawaslu telah melakukan identifikasi dan mitigasi terhadap potensi-potensi kerawanan di seluruh tahapan pemilu dengan melakukan langkah-langkah pencegahan, saran perbaikan hingga ke penindakan terhadap pelanggaran pemilu yang terjadi, baik itu pelanggaran administrative, maupun pelanggaran kode etik, pelanggaran pidana terhadap peraturan perundang undangan lainnya.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu menyampaikan bahwa pelaksanaan Apel Siaga Pengawasan ini adalah moment yang sangat berharga karena didampingi oleh seluruh stakeholder.

“Hari ini merupakan dimana tanggal terakhir semua melakukan aktivitas kampanye, dan besok sudah mulai masuk masa tenang,” tegas Ketua Bawaslu Selayar.

Berbicara tentang Masa Tenang merupakan ruang tenang yang diberikan undang-undang kepada pemilih untuk berpikir menentukan pilihannya setelah peserta pemilu melakukan kampanye, menyampaikan visi misi dan programnya. 

“Namun untuk kita pengawas pemilu, masa tenang merupakan masa yang tidak tenang. Karena pada masa ini kita harus memastikan tidak terjadi potensi pelanggaran terkait kampanye, money politik, politisasi sara, info hoaks, atau politisasi birokrasi yang biasanya lebih gencar terjadi menjelang pemungutan dan perhitungan suara,” ujar Ketua Bawaslu Selayar.

Sementara dalam sambutan Sekda Selayar Drs. Mesdiyono mengatakan atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih terhadap kesiapan terhadap tupoksinya selaku pengawas pemilu 2024.

“Mudah mudahan kita bisa jaga empat hari kemudian sampai pelaksanaan hari H. Dan pesan saya, jaga kesehatan. Kalau kita hari ini bisa sehat, mudah mudahan sampai empat hari ke depan masih bisa sehat,” ujar Mesdiyono.

Sekda Mesdiyono berharap sama-sama menjaga keadaan yang sudah kondusif. Dan bekerjasama untuk supaya pelaksanaan pemilu ini bisa berjalan dengan lancar, aman, adil dan jujur. 

“Khususnya Kabupaten Kepulauan Selayar bisa berkualitas dan kita berharap tingkat partisipasi pemilih kita semakin tinggi dari pemilu 5 tahun yang lalu,” tandasnya.

Apel Siaga Pengawasan ini, diawali dengan pemeriksaan Personil, dilanjutkan dengan Menyanyikan lagi indonesia dan Mars Bawaslu. (#*#)

Comment