HARPI Selayar Raih Juara 1 Paduan Suara Tingkat Provinsi

MAKASSAR, WASPADAPOS.COM – DPC Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia (HARPI) Melati Kabupaten Kepulauan Selayar meraih juara 1 lomba paduan suara tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh DPD HARPI Melati Provinsi Sulawesi Selatan di Hotel Grand Imawan, Rabu (12/6/24).

Salah satu juri, Ramlah Yusran, S.Pd., M.Pd., yang juga merupakan seorang pengajar seni, menjelaskan bahwa penampilan Kepulauan Selayar memukau juri. Keberhasilan DPC HARPI Melati Kepulauan Selayar menjadi sang juara tentu berkat perjuangan dan kerja keras serta tanggung jawab dan kecintaan terhadap lembaga dengan menunjukkan keseriusannya mengikuti lomba paduan suara ini.

“DPC Kepulauan Selayar secara ideal mampu menampilkan perform dalam kelompok paduan suara mereka dengan menggunakan pembagian suara yang terdiri suara sopran, alto, bass, dan tenor. Kami bisa merasakan harmonisasi ambitus suara tersebut. Mereka mampu mengintegrasikan semua unsur yang ada termasuk mereka mampu menunjukkan kearifan lokal untuk lagu daerah yang ditampilkan secara simbolik dengan menggunakan pakaian adat khasnya. Secara keseluruhan, mereka mampu mengintergrasikan semua unsur yang ada, yaitu unsur utama maupun unsur penunjang, dalam idealitas sebuah performa. Semoga ke depan semakin memajukan dan membawa nama baik HARPI ke kancah nasional dan internasional,” lanjut Ramlah.

Di tempat yang sama, ketua DPD HARPI Melati Provinsi Sulawesi Selatan, Hj. Roslina Sobandi, memberikan apresiasinya.

“Kami mengapresiasi keikutsertaan DPC Kepulauan Selayar yang datang dari jauh dan menampilkan performa terbaiknya. Wajar jika menang karena mereka total dari semua poin. Termasuk kostum daerah yang mereka pakai adalah baju adat asli Selayar atau baju lakbu lengkap dengan aksesori seledang putihnya yang menambah keunikan kostumnya. Kami di DPD bahkan berencana untuk menambah koleksi kostum tersebut di sekretariat,” ujar Hj. Roslina Sobandi. 

Sementara itu, Ketua DPC HARPI Melati Kepulauan Selayar, Nur Fadlilah Mutmainnah, S.Sos., menyampaikan rasa terima kasihnya.

“Terima kasih untuk teman-teman personil paduan suara yang memaksimalkan latihan di waktu yang sedikit dan juga dukungan teman-teman pengurus yang membantu persiapan sampai hal kecil. Persembahan kemenangan ini adalah milik bersama yang insya Allah akan menambah semangat kami untuk terus membangun organisasi tercinta ini,” terang Fadlilah.

Untuk diketahui, DPC Kepulauan Selayar sebelumnya telah melewati proses seleksi hingga masuk menjadi 5 besar. 

DPC HARPI Melati Kota Makassar sebagai juara 2

DPC HARPI Melati Kab. Wajo sebagai juara 3

DPC HARPI Melati Kab. Pinrang sebagai juara 4

DPC HARPI Melati Kota Palopo juara favorit

Sekedar informasi, H. Haerul Hamka yang merupakan seorang penyanyi Makassar dan Usman dari Ergas Entertaiment juga tergabung sebagai dewan juri pada lomba paduan suara tersebut. (Dian)

Comment