Hari Jadi Selayar ke 417, Gubernur Sulsel Beri Bantuan Untuk Pembangunan Masjid Agung dan Reservoir Air Baku

SELAYAR, WASPADAPOS.COM – Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Andi Sudirman bersama istri didampingi sejumlah jajaran pejabat Pemprov Sulsel hadiri Peringatan Hari Jadi Selayar Ke -417 Tahun 2022.

Peringatan Hari Jadi kabupaten yang dikenal dengan sebutan Bumi Tanadoang ini digelar dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Kepulauan Selayar, di Ruang Kantor Bupati, Jumat (25/11) Pagi.

Pada kesempatannya, Gubernur Andi Sudirman menyampaikan pesan-pesan pembangunan, serta memaparkan sejumlah dukungan dan kebijakan dalam mendukung pemerintahan dan pembangunan daerah Kepulauan Selayar.

“Alhamdulillah di Tahun 2022, kita mulai bergerak, dengan optimisme yang kuat dan harapan yang kuat, tentu Kabupaten Kepulauan Selayar akan lebih tangguh menghadapi berbagai tantangan menuju Selayar maju dan sejahtera” ucap Gubernur Andi Sudirman Sulaiman mengawali sambutannya.

Dikatakan, sebagai wilayah kepulauan yang dikelilingi laut, maka dua sektor tentu menjadi andalan Kabupaten Kepulauan Selayar yakni perikanan dan pariwisata yang harus menjadi fokus Pemprov Sulsel dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Mendukung Kepulauan Selayar sebagai kawasan wisata religius, tahun ini telah dialokasikan bantuan keuangan senilai Rp.11 Miliar untuk pembangunan Masjid Agung Selayar” ungkapnya

Bantuan ini juga sekaligus digunakan untuk pembangunan reservoir air baku guna menjamin ketersediaan air bersih yang aman dan layak bagi masyarakat.

Pembangunan Masjid ini berciri nuansa bahari dan religius, akan menjadi ikon baru Selayar dan diharapkan dapat selesai di Tahun 2023 menyambut pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) tingkat Provinsi Sulawesi Selatan di Selayar.

Sementara untuk menjamin akses masyarakat terhadap air siap minum, juga telah dihadirkan teknologi pengolahan air siap minum di dua titik di Kabupaten Kepulauan Selayar, yakni di Desa Bontoborusu, Kecamatan Bontoharu dan Desa Menara Indah, Kecamatan Bontomatene.

Selanjutnya untuk mendukung sektor perikanan, juga telah disalurkan bantuan berupa kapal nelayan, tambatan perahu serta sarana dan prasarana usaha garam rakyat.

Dalam menjaga pelestarian hasil laut Kepulauan Selayar, Pemprov Sulsel juga memberikan bantuan artificial reef dan apartemen ikan.

“semoga menjadi semangat dan komitmen bersama demi terwujudnya masyarakat Bandar Maritim Kawasan Timur Indonesia di Selayar” harap Gubernur

Disamping itu, kata Gubernur Andalan Sulsel, sebagai upaya menjaga ekosistem di Kepulauan Selayar terus dilakukan melalui penanaman Mangrove dan penanaman pohon bakau untuk pelestarian lingkungan hidup.

Sulawesi Selatan sebagai provinsi penyangga pangan nasional, terus berkomitmen memajukan sektor pertanian dari segi kualitas dan kuantitas produksi pertanian di kepulauan yang dijuluki Tanadoang.

Pemerintah Provinsi terus mensupport melalui bantuan alat mesin pertanian, jalan tani, sumur bor, bibit porang, irigasi tersier dan irigasi perpompaan.

Demikian pula dengan pemerataan infrastruktur untuk mendukung pembangunan berkeadilan secara bertahap terus dilakukan utamanya untuk jalur dengan LHR tinggi dan daerah terisolir, paparnya

Seperti dalam penanganan preservasi ruas Patumbukang di Kepulauan Tanabau Ngapaloka Selayar. Ruas ini menjadi salah satu prioritas, mengingat ruas ini termasuk kawasan terisolir, sehingga penanganan ruas jalan ini diharapkan dapat menggeliatkan sektor perekonomian masyarakat sekitar.

Gubernur Andi Sudirman berharap Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar senantiasa bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Sulsel menuju arah yang lebih baik dalam menciptakan kesejahteraan yang sehat, pembangunan tetap terukur, dan berkeadilan dalam sistem pemerintahan yang berkeadilan.

Upaya Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan ini juga atas sinergitas bersama legislatif, baik dengan DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi maupun DPRD Kab. Kepulauan Selayar serta dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar.

“terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dan atas kerjasama serta sinergitasnya untuk membangun Kepulauan Selayar dan Sulsel” ucap Andi Sudirman

“Semoga Kabupaten Kepulauan Selayar senantiasa mendapat berkah dari Allah Subhanahu Wata’ala, dengan semangat bergerak maju bersama Bupati H. Muh. Basli Ali dan Wakil Bupati H. Saiful Arif beserta segenap jajaran Forkopimda dan unsur terkait lainnya dalam mewujudkan Kabupaten kepulauan Selayar semakin religius dan sejahtera,” Pungkas Gubernur mengakhiri sambutannya.

Pada momentum hari jadi ini, Bupati Kepulauan Selayar Muh. Basli Ali menyampaikan apresiasi dan penghargaan serta ucapan terima kasih kepada Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, yang dinilai telah memberikan dukungan dan perhatian yang sangat besar terhadap Kabupaten Kepulauan Selayar.

Bupati Basli Ali berharap dukungan dan perhatian Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat kedepannya terus ditingkatkan, mengingat beberapa kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang sifatnya mendesak masih memerlukan dukungan lanjutan. (Humas Ical)

Comment